Dilema Peran Ganda Dosen Perempuan Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia
Abstract
Penelitian kualitatif ini menginvestigasi bagaimana tantangan dosen perempuan ketika bekerja selama pandemi Covid-19. Penelitian ini melibatkan lima belas dosen perempuan dari berbagai perguruan tinggi di Sumatra dan Jawa. Peneliti menyebarkan pertanyaan penelitian secara daring dan menganalisa temuan dengan menggunakan pendekatan konsep kerja yang dikemukakan oleh feminis bell hooks. Temuan menunjukkan masih adanya eksploitasi gender di sebagian tempat kerja dan rumah tangga, namun juga berisi harapan bahwa masih ada tempat privat dan publik yang menjunjung tinggi keadilan gender. Penelitian ini berkontribusi terhadap pemahaman terkait keadilan gender di konteks pendidikan tinggi selama pandemi. Kekurangan penelitian ini adalah responden yang hanya dosen perempuan, tanpa melibatkan pekerja perempuan lain dalam bidang administratif, kebersihan, dan keamanan di perguruan tinggi.
Downloads
References
Alon, T. M., Doepke, M., Olmstead-Rumsey, J., & Tertilt, M. (2020). The impact of COVID-19 on gender equality. National Bureau of Economic Research.
Andersen, J. P., Nielsen, M. W., Simone, N. L., Lewiss, R. E., & Jagsi, R. (2020). Meta-Research: Is Covid-19 Amplifying the Authorship Gender Gap in the Medical Literature? ArXiv Preprint ArXiv:2005.06303.
Brinkmann, S. (2014). Unstructured and semi-structured. The Oxford Handbook of Qualitative Research, 277–299.
Collins, C., Landivar, L. C., Ruppanner, L., & Scarborough, W. J. (2020). COVID‐19 and the gender gap in work hours. Gender, Work & Organization.
Crawford, J., Butler-Henderson, K., Rudolph, J., Malkawi, B., Glowatz, M., Burton, R., … Lam, S. (2020). COVID-19: 20 countries’ higher education intra-period digital pedagogy responses. Journal of Applied Learning & Teaching, 3(1), 1–20.
Darmawan, A. A. Y. P., Silviandari, I. A., & Susilawati, I. R. (2016). Hubungan burnout dengan work-life balance pada dosen wanita. MEDIAPSI, 1(1), 28–39.
Dlamini, E. T., & Adams, J. D. (2014). Patriarchy: A case of women in institutions of higher education. Perspectives in Education, 32(4), 121–133.
hooks, bell. (2015). Feminist Theory: From Margin to Center. Routledge, Taylor & Francis Group.
Howe-Walsh, L., & Turnbull, S. (2016). Barriers to women leaders in academia: tales from science and technology. Studies in Higher Education, 41(3), 415–428.
Karniawati, N. (2013). Kinerja Dosen Perempuan: Studi Relasi Gender di Unikom. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 1.
Kumolohadi, R. (2001). Tingkat stres dosen perempuan UII ditinjau dari dukungan suami. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 6(12), 29–42.
McLaren, H. J., Wong, K. R., Nguyen, K. N., & Mahamadachchi, K. N. D. (2020). Covid-19 and Women’s Triple Burden: Vignettes from Sri Lanka, Malaysia, Vietnam and Australia. Social Sciences, 9(5), 87.
McLarney, E. (2010). The private is political: Women and family in intellectual Islam. Feminist Theory, 11(2), 129–148.
Sidani, Y. (2005). Women, work, and Islam in Arab societies. Women in Management Review.
Standing, G. (2014). The Precariat. Contexts, 13(4), 10–12. https://doi.org/10.1177/1536504214558209
Tong, R. (2018). Feminist Thought: A More Comprehensive Introduction. Routledge.
Zainuddin, M. (2017). PERAN ULAMA PEREMPUAN DI ACEH (Studi Terhadap Kiprah Perempuan Sebagai Ulama di Kabupaten Bireuen dan Aceh Besar). TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender Dan Islam Serta Perlindungan Anak, 6(2), 165–177.