Evaluasi Atas Penerapan Sistem Informasi Akademik Dan Keuangan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa
Studi Kasus Mahasiswa IBI Kesatuan Jurusan Akuntansi S1 Angkatan Tahun 2016
Abstract
Di era perkembangan yang semakin canggih dan berkembang pesat dengan cepat setiap tahunnya, tanpa kita sadari teknologi sangat diperlukan atau berperan
penting dalam rutinitas kegiatan sehari-hari. Salah satunya perkembangannya yaitu sistem informasi. Salah satu pentingnya perkembangan teknologi saat ini adalah di terapkannya sistem informasi akademik & keuangan di berbagai perguruan tinggi untuk mempermudah mahasiswa. Perlunya evaluasi pada sistem informasi akademik dan keuangan untuk pengukuran, penilaian dari hasil suatu kegiatan yang telah terlaksana, dengan hasil–hasil yang seharusnya dicapai.
Tetapi banyaknya masalah atau hambatan dalam menerapkannya dapat menghambat kelancaran sistem informasi akademik & keuangan tersebut. beberapa faktor hambatan dari sistem informasi akademik yaitu mahasiswa tidak dapat melakukan log in, server error atau penuh, jadwal mata kuliah atau kartu rencana study (KRS) yang telah di isi hilang atau tidak dapat mengisi KRS, daftar kehadiran per mata kuliah berkurang atau tidak sesuai dengan kehadiran yang semestinya, daftar nilai atau kartu hasil study (KHS) kurang update. Beberapa faktor hambatan dari sistem informasi keuangan yaitu sistem keuangan error, jadi kita telah melakukan pembayaran melalui bank secara transfer atau setor tunai tetapi masih ada saldo tagihan atau belum melakukan pembayaran, double check memberikan bukti pembayaran yang sudah di lakukan ke bagian keuangan atau konfirmasi ulang atas pembayaran. Bukti pembayaran yang diberikan kepada mahasiswa bisa dilakukan pada hari kedua setelah melakukan pembayaran, tidak bisa dilakukan pada hari yang sama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem informasi akademik & keuangan di IBIK dan untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penerapan sistem informasi akademik & keuangan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dengan uji kualitas data meliputi (uji validitas, Uji realibilitas) dan dengan uji asumsi klasik meliputi (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas) dan dengan uji hipotesis meliputi (analisis regresi berganda, uji t, uji f). Hasil penelitian terhadap 102 responden (mahasiswa/i) dengan melakukan uji diatas yaitu dari gambaran umum responden yang didominasi berdasarkan jenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 64 orang (62,7 %). Usia yang mendominasi adalah 22 tahun.Hasil uji t menunjukan bahwa sistem informasi akademik (X1) dan sistem informasi keuangan (X2) secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa (Y). Hal ini dibuktikan dari t hitung lebih besar dari t tabel (t hitung > t tabel). Hasil uji f menunjukan bahwa penerapan sistem informasi akademik (X1) dan sistem informasi keuangan (X2) berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa (Y). Dimana perhitungan f hitung lebih besar dari f tabel (f hitung > f tabel). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem informasi akademik (X1) dan sistem informasi keuangan (X2) berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa (Y), dengan ini dapat dinyatakan bahwa sistem informasi akademik (X1) dan sistem informasi keuangan (X2) berjalan dengan baik dan sesuai dengan kinerja / hasil yang diharapkan oleh setiap individu.
Kata kunci : sistem informasi akademik, sistem informasi keuangan, kepuasan
Downloads
References
Danang Sunyoto. (2013). Teori Kuesioner dan Analisi Data untuk Pemasaran dan Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Diana, Anastasia., dan Setiawati, Lilis (2011). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta
Endang, Fatmawati. (2003). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Bagian Administrasi Fakultas Ekonomi UNDIP. Tesis. Universitas Diponegoro.
Fandy Tj. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Fandy, Tjiptono. (2011). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Penerbit Andi
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariat dengan program IBM SPSS 20. Cetakan VI. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2012.
www.binus.ac.Id [Internet]. [Diakses pada tanggal 15 November 2019]. Tersedia pada: https://qmc.binus.ac.id/2014/11/01/u-j-i-v-a-l-i-d-i-t- a-s-d-a-n-u-j-i-r-e-l-i-a-b-i-l-i-t-a-s/
www.ibik.ac.id [Internet]. [Diakses pada tanggal 19 Juni 2020]. Tersedia pada : https://www.ibik.ac.id/sejarah-ibi-kesatuan/
www.spssindonesia.com [Internet]. [Diakses pada tanggal 29 Juni 2020]. Tersedia pada : https://www.spssindonesia.com/
Wikipedia. Sistem. [Internet]. [Diakses pada tanggal 15 November 2019]. Tersedia pada: https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
Wikipedia. Informasi. [Internet]. [Diakses pada tanggal 15 November 2019]. Tersedia pada: https://id.wikipedia.org/wiki/informasi
Wikipedia. Keuangan. [Internet]. [Diakses pada tanggal 15 November 2019]. Tersedia pada: https ://id.m.wikipedia.org/wiki/keuangan
Wikipedia. Pendidikan akademik. [Internet]. [Diakses pada tanggal 17 Desember 2019] Tersedia pada:https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_akademik
Hutahean, Joperso. 2015. Konsep Sistem Informasi. Deepublish: Yogyakarta.
Juliansyah Noor. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Krismiaji, dkk. 2000. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi ketiga, Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta: Nuha Medika.
Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi, Salemba Empat, Jakarta.
Mulyadi. 2016.Sistem informasi. Edisi ke Empt. Jakarta: Empat.
Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
Neuman W Lawrence. 2019. Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jakarta : PT Indeks
Nurgiyanto, Burhan dkk. 2015. Statistik Terapan. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Priyatno, Duwi. 2011. Buku Saku SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat, Efisien, dan Akurat. Yogyakarta:Buku Seru
Rosyanda, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Pronada Media.
Sukardi, H.M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Lingga Jaya : Bandung.
Sukanti. (2009). Analisis Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FISE UNY. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia (Vol. Viii. Nomor 1). Hal 23 – 3.
Sopiatin, Popi, 2010, Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa, Bogor, Ghalia Indonesia.
Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Jakarta : CV ANDI OFFSET
Sutabri Tata dan Naptupulu Darmawan. 2018. Sistem Informasi Bisnis. Jakarta : CV ANDI OFFSET
Supriyati. 2011. Belajar Dasar Akuntansi. Bandung: LABKAT PRESS UNIKOM
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Pendidikan. Bandung : ALFABETA
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA
Siregar, Syoflan. 2019. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPPS versi 17 Jakarta : PT Bumi Aksara
Ulber, Silalahi. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama
Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Yakub. Pengantar Sistem Informasi. 2012. Yogyakarta : Graha Ilmu