Pengaruh Personal Selling Dan Event Marketing Terhadap Minat Studi Lanjut Siswa SLTA Pada IBI Kesatuan
Abstract
Pengaruh Personal Selling dan Event Marketing menjadi salah satu strategi yang cukup efektif guna menarik minat siswa SMA/SMK untuk kemudian memutuskan melanjutkan studi lanjut. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap minat studi lanjut SMA/SMK pada Insitut Bisnis dan Informatika Kesatuan, (2) Untuk mengetahui pengaruh event marketting terhadap minat studi lanjut SMA/SMK pada Insitut Bisnis dan Informatika Kesatuan, (3) Untuk mengetahui pengaruh Personal Selling dan Event Marketing secara bersama-sama terhadap minat studi lanjut SMA/SMK pada Insitut Bisnis dan Informatika Kesatuan. Jumlah responden penelitian ini berjumlah 100 orang sebagai sampel penelitian yang terdiri dari end users yang merupakan siswa/i yang berada di daerah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor, data penelitian diolah menggunakan software SPSS for Windows 21. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Personal Selling berpengaruh terhadap Minat Studi Lanjut, (2) Event Marketing tidak Berpengaruh Terhadap Minat Studi Lanjut, (3) Personal Selling dan Event Marketing berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat studi lanjut. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y=14,859 + 0,289 X1 + 0,87 X2 + error, ini berarti bahwa variabel Personal Selling (X1), Event Marketing (X2) memiliki efek yang positif pada variabel Minat Studi Lanjut SMA/SMK.
Key Words : Personal Selling, Event Marketing, Minat Studi Lanjut
Downloads
References
Anny, N. (2009). Management Event. Bandung: Alfabeta.
Arifuddin, R. R., Kadir, A. R., & Kadir, N. (2019). Pengaruh Personal Selling dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi PT. QBE Insurance Indonesia Cabang Makassar. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, Vol.2, No. 3, 92-108.
Basori, M. (2004). Paket Bimbingan Perencanaan dan Pengambilan KeputusanKarir Bagi Siswa SMU. Malang: Universitas Negeri Malang.
Basu, s. (2001). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BFSE.
Belch, M., & George, B. (2003). Advertising and Promotion. New York: The McGraw Hill Company.
Buchari, A. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Chamid, A., & Rochmanudin. (2010). Lulus SMP/ MTS. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Chandra, E. (2016). "Hubungan Direct Marketing dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pie Elis". Jurnal Managemen dan Strat-Up Bisnis, Vol.1(4), 414-423.
Faqih, F. (2012). Efektifitas Layanan Informasi Karier untuk MeningkatkanKemampuan Mengambil Keputusan Studi Lanjut Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pedagogia, 47-56.
Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitianuntuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen (Edisi ke 3 ed., Vol. AGF Books). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS (Edisi ke 7 ed.). Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, R., & Ronald J, E. (2008). Business (8th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
GunasekharanT, Basha, S. S., & Lakshmanna, B. C. (2015, Juni 2015). Study on Impact of PromotionMix Elements: Advertising, Personal Selling &Public Relation of DTH Manufacturers onCustomer Behaviour. IJAHMS, 20-30.
Gunawan, D. (2018, Juni 2018). Pengaruh Personal Selling, Celebrity Endorser, TrustTerhadap Keputusan Pembelian Produk MI1 Global (Studi Kasus Pada PTMione Global Indonesia ‘MI1’). Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, dan UMKM, Vol.1, No.1.
Hasan, A. (2013). Marketing (Cetakan Pertama ed.). Yogyakarta: Media Pressdindo.
Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Julie Z, S., & R, Z. (2014). “Pengaruh Event Marketing TerhadapKeputusan Pembelian Di Cafe Halaman Tamansari”. repository.upi.edu, 48-70.
Kotler, K. (2009). Manajamen Pemasaran. (M. B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing (12th ed.). New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles Of Marketing (14th ed.). New Jersey: Pearson Prenticehall, Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Magdalena , M. M., & Tri H, A. (2015). PengaruhProduct Quality dan Promotion Mix Terhadap Repurchase Intention AtasProduk Kaca Dark Pada PT. Real Glas Semarang. Journal of Management, Vol.1, 1-9.
Moorhead, G., & Griffin, W. R. (2010). Prilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Enpat.
Morissan. (2010). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta Kencana.
Morissan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Penerbit Kencana.
Nuprilianti, N. P. (1016). "Pengaruh personal selling, brand image, word of mouth terhadap keputusan pembelian mobil". Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), Vol. 5(1).
Prabawanti, B. E. (2012). Event Marketing Open House, Bgaimana Pengaruhnya pada Penciptaan Word of Mouth Positif untuk Mereferensikan Kepada Calon Mahasiswa Supaya Mau Mendaftar Ke PT "Y"?
Pratiwi, C., Maudina, C., Kurniawan, A., & Wibisono, A. (2019). "Pengaruh Event Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Wonderland Adventure Waterpark Karawang". Buana Ilmu, Vol 3(2), 14-35.
Purnomo, K., & Pranatasari, F. D. (2019). "Event, Online Marketing, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian di Snowy Station Surabaya". JurnaL Manajemen dan Start-up Bisnis, Vol. 3(6).
Putri, N. N., Haryono, A. T., & Warso, M. M. (2016). "Efektifitas Atmospher Dan Event Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Tembi Rumah Budaya Yogyakarta". Journal of Management, Vol. 2(2).
Santoso, S. (2010). Seri Solusi bisnis Berbasis TI: Menggunakan SPSS untukStatistik Multivariat. Jakarta: PT ElexMedia Komputindo.
Saronto, A. A., & Rosinta, F. (2013). Pengaruh Event Marketing Cornetto SummerMusic Festival 2012 Terhadap Minat BeliCornetto.
Schiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku konsumen (Edisi 7 ed.). Jakarta: Indesk.
Schmitt, B. (1999). Experiential Marketing. Journal of Marketing Management, Vol. 3(15), 53-67.
Shimp, T. (2000). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan KomunikasiPemasaran Terpadu (Edisi ke -5 ed.). Jakarta: Erlangga.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta: Rineka Cipta.
Smith, R. D. (2005). Strategic Planningfor Public Relations. New Jersey: Lawrence Erlabaum Associates, Inc.
Somad, R., & Doni, J. P. (2014). Manajemen Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Sondang, P. S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Stanton, W. J. (2006). Prinsip Pemasaran (Cetakan Keempat ed.). Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Steinberg, L. (2002). Adolescence (6th ed.). New York: McGraw-Hill.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaksana, U. (2007). Integrated Marketing Communications. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Uma, S. (2006). Research Methods For Business (Metode Penelitian untuk Bisnis) (4th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Wahyuni, R. F., & Widaningsih, S. (2017). "Pengaruh Promosi Personal Selling Dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Astra Credit Companies (acc) Bandung". eProceedings of Applied Science, Vol. 3(3).
Wood, E. H., & G, M. (2007). EventMarketing: Experience and Exploitation.Extraordinary Experiences Conference:Managing the Consumer Experience inHospitality, Leisure, Sport, Tourism,Rretailand Events.