Faktor-Faktor Tingkat Kelulusan Uji Sertifikasi Keahlian Akuntansi Dasar
Abstract
Penelitian dilakuan agar dapat mengetahui mengenai pengaruh antara motivasi dan metode pembelajaran dengan tingkat kelulusan Uji Sertifikasi Keahlian Dasar Akuntansi (USKAD). Pada penelitian ini motivasi diukur dengan variabel yaitu, motivasi prestasi, motivasi karir, motivasi kualitas dan motivasi belajar. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa Akuntansi S1 UPNVJ pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian menggunakan metode purposive sampling yaitu pada mahasiswa yang telah mengikuti USKAD dengan jumlah responden sebanyak 80 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diolah dengan menggunakan SPSS 25. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa motivasi prestasi, motivasi karir, motivasi kualitas dan motivasi belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada tingkat kelulusan USKAD. Metode pembelajaran secara signifikan berpengaruh terhadap tingkat kelulusan USKAD.
Kata Kunci: Motivasi, metode pembelajaran, kelulusan Uji Sertifikasi Keahlian Akuntansi Dasar
Downloads
References
Ade Puspito, Rudi Kusubagio, dan N. Q. (2017) ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Mata Kuliah Akuntansi Keperilakuan’, Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), pp. 96–113.
Agninsyah, R. (2018) ‘Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Sertifikasi Association Of Chartered Certified Accountans ( Acca )’. Yogyakarta: Uin Yogyakarta.
Astasari, A. (2018) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Memilih Berkarir Sebagai Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Universitas Islam Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta)’. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Aydın, F. and Coskun, M. (2011) ‘Secondary School Students ’ “ Achievement Motivation ” towards Geography Lessons’, Archieves of Applied Science Research, 3(2), pp. 121–134.
Benny (2006) ‘Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( PPAk )’. Padang: Simposium Nasional Akuntansi IX, pp. 1–73.
Boyce, G. et al. (2001) ‘Fostering deep and elaborative learning and generic (soft) skill development: The strategic use of case studies in accounting education’, International Journal of Phytoremediation, 21(1), pp. 37–60. doi: 10.1080/09639280121889.
Campbell, R. L. and Bickhard, M. H. (1992) ‘Types of constraints on development: An interactivist approach’, Developmental Review, 12(3), pp. 311–338. doi: 10.1016/0273-2297(92)90012-Q.
Dewanti, P. W. (2016) ‘Analisis Kesiapan Sertifikasi Kompetensi Pada Sub Kompetensi Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Sesuai Dengan Standar Akuntansi Keuangan ( Sak ) Bagi Mahasiswa Prodi Akuntansi D3 Fakultas Ekonomi ( Fe ) Uny Berdasarkan Sertifikasi Keahlian Akuntansi Dasar’, XIV(2), pp. 117–126.
Dyastari, N. and Yadnyana, I. (2016) ‘Pengaruh Motivasi Pada Minat Mahasiswa Non Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi’, E-Jurnal Akuntansi, 16(1), pp. 333–361.
Fernandez, A. R., Studnek, J. R. and Margolis, G. S. (2008) ‘Estimating the probability of passing the national paramedic certification examination’, Academic Emergency Medicine, 15(3), pp. 258–264. doi: 10.1111/j.1553-2712.2008.00062.x.
Gesinde, A. M. (2000) ‘Motivation. In Z.A.A. Omideyi (Ed.)’. Ibadan: Kanead, pp. 12–26.
Ghozali, I. (2018) ‘Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25’, in. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyani, M. (2013) ‘Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Hassall, T., Lewis, S. and Broadbent, M. (1998) ‘Teaching and learning using case studies: A teaching note’, International Journal of Phytoremediation, 21(1), pp. 325–334. doi: 10.1080/096392898331108.
Husein, U. (2011) ‘Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis’, in edisi 11. 11th edn. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Iman, W. (2014) ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Persamaan Akuntansi Melalui Pendekatan Pendidikan Karakter Menggunakan Metode Group Investigation’, Dinamika Pendidikan, 9(2), pp. 121–129. doi: 10.15294/dp.v9i2.4888.
Iqbal, J. (2017) ‘Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Politeknik Jambi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)’, Jurnal SAINSTECH Politeknik Indonusa Surakarta, 1(7), pp. 10–19.
Istanto, F. (2010) ‘Analisis Pengaruh Pengetahuan Tentang Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Ketegasan Sanksi Perpajakan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Motivasi Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak’, Skripsi, pp. 1–115.
Ivancevich, John M., Robert K, M. T. M. R. K. (2007) ‘Perilaku dan Manajemen Organisasi (Edisi Ketujuh).’, in Salemba Empat. Empat. Jakarta.
Johnstone, K. M. and Biggs, S. F. (1998) ‘Problem-based learning: Introduction, analysis, and accounting curricula implications’, Journal of Accounting Education, 16(3–4), pp. 407–427. doi: 10.1016/s0748-5751(98)00026-8.
Kusuma, G. P. (2011) Pengaruh Kompetensi dan Pengembangan Karir Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) Studi Empiris Pada Universitas Diponegoro dan Unisbank Semarang.
Lestari, A., Yasa, I. N. P. and Herawati, N. T. (2019) ‘Motivasi Karir dan Motivasi Kualitas terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Genesha untuk Mengikuti Brevet Pajak’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 10(2), pp. 183–194.
Listiad, A. and Imelda, F. (2010) ‘Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 2 Pada Kompetensi Dasar Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Di Sma Negeri 18 Surabaya’, Journal of Accounting Education.
Novita Indrawati (2009) ‘Motivasi Dan Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)’, Pekbis Jurnal, 1(2), pp. 124–130.
Owusu, G. M. Y. et al. (2018) ‘What explains student’s intentions to pursue a certified professional accountancy qualification?’, Meditari Accountancy Research, 26(2), pp. 284–304. doi: 10.1108/MEDAR-06-2016-0065.
Pendidikan, S. et al. (2016) ‘Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri Kabupaten Wonosobo’.
Pratiwi, R. H. (2017) ‘Pengujian Theory Of Planned Behavior Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Memperoleh Sertifikasi Chartered Accountant (CA)’. Surakarta: Skripsi IAIN Surakarta.
Rahmawati, E. and Ervanto, A. D. (2017) ‘Pembelajaran Mata Kuliah Perpajakan Berbasis Kasus : Bukti Empiris Dan Survei’, Neo-Bis, 11(2), pp. 102–120.
Sanjaya, W. (2010) ‘Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan’, in Kencana (ed.). jakarta, p. 109.
Sarjono, B. (2011) ‘Faktor‐ Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mengikuti Program Pendidikan Brevet Pajak Di Stie Perbanas Surabaya’, The Indonesian Accounting Review, 1(01), p. 1. doi: 10.14414/tiar.v1i01.428.
Solikhah, B. (2014) ‘An Application of Theory of Planned Behavior towards CPA Career in Indonesia’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 164(August), pp. 397–402. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.11.094.
Sudaryono, E. A., P, A. T. and Setiawan, D. (2005) ‘Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi ( Ppa ) ditinjau dari Gender dan Status Akreditasi Program Studi’, Jurnal Akuntansi dan Investasi, 6(1), pp. 114–128.
Suherman, A. (2010) ‘Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Tentang Pajak Dan Brevet Pajak Terhadap Minat Berprofesi Dibidang Perpajakan’, (2007), pp. 1164–1175.
Ulfah, R., Amril Jaharadak, A. and Khatibi, A. A. (2019) ‘Motivational factors influencing MSU accounting students to become a certified public accountant (CPA)’, Management Science Letters, 9(10), pp. 1675–1684. doi: 10.5267/j.msl.2019.5.020.
Wardhani, erlita cahya widha (2017) ‘Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Biografi Menggunakan Metode Pengajaran Langsung pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017’, Skripsi, pp. 1–159. Available at: http://repository.umpwr.ac.id:8080/bitstream/handle/123456789/1254/132110098-Cahya Widha Wardhani.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
Weil, S., Oyelere, P. and Rainsbury, E. (2004) ‘The usefulness of case studies in developing core competencies in a professional accounting programme: A New Zealand study’, Accounting Education, 13(2), pp. 139–169. doi: 10.1080/09639280410001676602.
Widyastuti, S.W, Suryaningsum S, dan J. K. (2004) ‘pengaruh-motivasi-terhadap-minat-mahasiswa-akuntansi-untuk-mengikuti-pendidikan-profesi-akuntansi-ppak’. Denpasar-Bali: SNA VII Denpasar-Bali, 2-3 Desember.